Berita
30 Sep 2025 08:39:25
Admin
Praktik Asesmen Sumatif Tengah Semester (ASTS) 1 di Sekolah Luar Biasa (SLB) memiliki karakteristik khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK).
Asesmen sumatif, termasuk ASTS, berfungsi untuk mengukur capaian pembelajaran peserta didik setelah menempuh setengah periode pembelajaran (tengah semester) dan hasilnya digunakan untuk pelaporan hasil belajar.
Program Pembelajaran Individual (PPI)/Kurikulum yang Dimodifikasi: ASTS tidak hanya mengacu pada kurikulum umum, tetapi juga merujuk pada Tujuan Pembelajaran Individual yang ditetapkan untuk setiap siswa berdasarkan hasil asesmen diagnostik awal.
Fokus pada Kompetensi Fungsional: Selain mata pelajaran akademik (seperti Matematika atau Bahasa Indonesia), asesmen juga mencakup capaian dalam Program Khusus (Progsus) yang relevan dengan jenis ketunaan, seperti:
Pendidik di SLB umumnya menggunakan berbagai teknik yang sesuai dengan karakteristik PDBK, tidak hanya tes tertulis. Beberapa teknik yang sering digunakan meliputi:
Intinya, praktik Asesmen Sumatif Tengah Semester 1 di SLB sangat fleksibel dan berpusat pada individu. Tujuannya adalah untuk mendapatkan gambaran yang jujur dan menyeluruh mengenai sejauh mana siswa telah mencapai tujuan yang ditetapkan dalam Program Pembelajaran Individual (PPI) mereka, bukan sekadar membandingkan dengan standar umum.
21 Maret 2024
Admin
23 Juli 2025
Admin
14 Juli 2025
Admin
Managed By ABK Istimewa
@2022 - 2025